https://cbt20.fk.uns.ac.id/terbaru/https://djpen.kemendag.go.id/papamama/demo/http://ct.if.unsoed.ac.id/menang/https://ilmupolitik.uinsgd.ac.id/-/demo/
KULIAH UMUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS MEMBAHAS PROSES KOMPREHENSIF PENGEMBANGAN MATERI AJAR BAHASA INGGRIS – Pendidikan Bahasa Inggris

KULIAH UMUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS MEMBAHAS PROSES KOMPREHENSIF PENGEMBANGAN MATERI AJAR BAHASA INGGRIS

Pada 11 Desember 2021, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris  Universitas Perjuangan Tasikmalaya menyelenggarakan kuliah umum yang mengangkat tema penting tentang pengembangan materi ajar Bahasa Inggris. Kuliah tersebut dihadiri oleh para mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan yang tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang proses komprehensif dalam menciptakan bahan pembelajaran yang efektif.

Dalam kuliah yang diselenggarakan secara daring tersebut, dijelaskan bahwa pengembangan materi ajar Bahasa Inggris bukanlah sekadar penyusunan bahan pembelajaran, namun merupakan sebuah proses yang memerlukan pemahaman mendalam terhadap kebutuhan dan karakteristik siswa. Ali Jufri, seorang ahli pendidikan Bahasa Inggris yang menjadi pembicara dalam acara tersebut, menekankan bahwa langkah-langkah dalam pengembangan materi ajar mencakup beberapa tahapan penting.

Pertama-tama, dilakukan analisis kebutuhan untuk memahami kebutuhan belajar siswa secara komprehensif. Kemudian, pemilihan topik dan konten yang relevan dilakukan dengan cermat untuk memastikan materi yang disajikan sesuai dengan tujuan pembelajaran. “Desain aktivitas pembelajaran yang menarik dan bervariasi juga menjadi hal yang tak bisa diabaikan dalam proses ini,” tambah Ali Jufri. Aktivitas pembelajaran yang menarik dan bervariasi dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.

Lebih lanjut, Ali Jufri juga membahas pentingnya integrasi teknologi dalam pengembangan materi ajar, dengan menyesuaikan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Selain itu, pengujian dan evaluasi terhadap efektivitas materi juga menjadi bagian integral dalam proses pengembangan.

Tidak hanya itu, pengembangan materi ajar Bahasa Inggris juga mempertimbangkan aspek kebudayaan, linguistik, dan psikologis siswa untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik dan bermakna. Dengan pendekatan yang sistematis dan kreatif, pengembangan materi ajar Bahasa Inggris diharapkan dapat mendukung pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan berorientasi pada pencapaian hasil pembelajaran yang optimal.

Para peserta kuliah umum memberikan tanggapan positif terhadap materi yang disampaikan oleh Ali Jufri, mengakui pentingnya pemahaman mendalam tentang proses pengembangan materi ajar Bahasa Inggris dalam konteks pendidikan saat ini. Mereka berharap bahwa pemahaman yang mereka peroleh dari kuliah tersebut dapat mereka terapkan secara langsung dalam praktek mengajar di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?
http://ami.uinsgd.ac.id/js/ https://simona.kemenpora.go.id/assets/cor/ https://executive.budiluhur.ac.id/img/sgacor/ https://fateta.ilearn.unand.ac.id/lang/ https://dlhk.kukarkab.go.id/css/ https://crg.spa.msu.ru/sgacor/
https://sigastra.radenintan.ac.id/makin-gacor/ https://elearning.unisbank.ac.id/app/ https://alatberatbekasjepang.com/ https://rumahnegara.imigrasi.go.id/rumah-dinas/-/ https://cms.uki.ac.id/pict/spulsa/ https://portaltest.hubla.dephub.go.id/storage/-/ https://dupak.dinkes.jatimprov.go.id/storage/file/ https://dinsos.jatimprov.go.id/web/storage/file/ http://mesin.ft.unand.ac.id/plugins/dana/ https://djppi.kominfo.go.id/img/flag/-/ http://mpbi.fkip.unib.ac.id/wp-includes/app/